Senin, 07 Mei 2012

TUGAS YANG MEGA PART 1


TUJUAN LAPORAN
 UNTUK MEMENUHI SALAH SATU TUGAS BAHASA INDONESIA.

PENGERTIAN BERPERILAKU JUJUR
  Berperilaku jujur adalah salah satu sifat manusia yang baik maka dari itu sikap berperilaku jujur harus kita tanamkan sedini mungkin.

CONTOH BERPERILAKU JUJUR
1.     Seseorang yang tidak berbuat riya , Seorang yang berbuat riya’ tidaklah dikatakan sebagai seorang yang jujur karena dia telah menampakkan sesuatu yang berbeda dengan apa yang dia sembunyikan (di dalam batinnya).
2.     Orang yang menghindari dirinya dari sifat kemunafikan, tidaklah dikatakan sebagai seorang yang jujur karena dia menampakkan dirinya sebagai seorang yang baik hati , padahal sebaliknya.
3.     Seseorang yang berjanji dan menepatinya,
4.     Tidak menutupi perasaan hanya karena suatu kepentingan
5.     Dalam bertamu selalu berkata sesuai dengan kata hati





Keuntungan berperilaku jujur
a)     Di percaya oleh teman teman dan guru,
b)    Hati selalu merasa tenteram dan tenang
c)     Mendapat ridho allah
d)    Membuat banyak teman
e)     Dimudahkannya rezeki

NILAI-NILAI KEJUJURAN
Nilai kejujuran berasal dari 2 kata yaitu nilai dan kejujuran. Nilai merupakan sesuatu yang menarik bagi kita,sesuatu yang kita cari, sesuatu yang menyenangkan,sesuatu yang disukai dan diinginkan,singkatnya,sesuatu yang baik. Sedangkan kejujuran yang akar katanya jujur adalah tidak berbohong,tidak curang,tulus dan ikhlas. Jadi, nilai kejujuran adalah sesuatu yang baik dan benar,tidak curang,tulus serta ikhlas mengenai perkataan ataupun perbuatan seseorang.









BERBOHONG DEMI KEBAIKAN
Berbohong demi kebaikan ???   apakah boleh??
Apapun alasannya yang namanya berbohong tetap saja berbohong dan berbohong merupakan salah satu sifat yang tercela maka dari itu kita tidak di anjurkan untuk berbohong sekecil apapun itu, apalagi berbohong demi kebaikan?  Ya jelas dari kata berbohongnya saja di pastikan sudah tidak  dibenarkan.

Contoh berbohong demi kebaikan
1.     Seorang anak yang mengatakan kepada ibunya bahwa ibunya tidak sakit apa apa padahal ibunya tersebut sedang sakit yang parah seperti kanker , hal tersebut ia lakukan denga alas an demi kebaikan yaitu agar ibunya tidak stress karena jika ibunya stress maka sakit ibunya akan lebih parah lagi.
2.     Seorang anak yang sedang merantau lalu orang tuanya menelepon dan menanyakan apakah dia baik baik saja ??,dan anaknya pun menjawab bahwa ia baik baik saja padahal ia untuk makan pun susah.Hal itu di lakukanya dengan maksud agar orang tuanya tidak khawaatir.


KESIMPULAN
Jadi dari uraian di atas dapat diambil semacam rumusan , bahwa apa yang di sebut dengan jujur adalah sebuah sikap yang selalu berupaya menyesuaikan atau mencocokan antar informasi dengan fenomena atau realitas.

PENUTUP
Demikian saja saya sampaikan,kalau ada yang keliru mohon maaf dan tolong diperbaiki karena yang benarnya dari ALLAH SWT dan yang salah nya dari saya sendiri sebagai penulis.WASSALAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar